Tuesday, October 11, 2016

Hewan lucu Asal Amerika Selatan, Chinchilla



     Cincilla/chinchillas adalah hewan pengerat yang berasal dari pegunungan Andes, Amerika Selatan. Di Tiongkok, hewan yang merupakan anggota familia Chinchillidae ini dikenal dengan nama lóng māo yang artinya adalah kucing naga. Chinchilla tergolong hewan yang memiliki jiwa sosial tinggi. Hewan unik ini sangat suka sekali bermain dengan manusia. Selain itu, chinchilla adalah hewan yang ramah terhadap manusia, tergolong sangat aktif sekali dan memiliki tingkat keingintahuan yang tinggi. Maka dari itu tidak heran bahwa chinchilla merupakan jenis hewan peliharaan unik yang fisiknya sangat lucu seperti hamster. Cincillia dapat dijadikan hewan peliharaan keluarga yang mudah dibawa kemana-mana karena hewan ini hanya memiliki berat 1 sampai 1.5 pound. Ciri-ciri hewa ini adalah memiliki telinga yang bulat, berbulu halus dan padat, dan biasanya berwarna abu-abu, cokelat, hitam atau putih.

     Keunikan hewan hewan yang mirip dengan tikus ini terdapat pada bagian rambutnya. Rambut hewan ini merupakan rambut terhalus di dunia mencapai 30 kali lebih halus daripada rambut manusia. Oleh karena itu, hewan ini harus rutin mandi dengan abu vulkanik agar minyak dan tetesan air yang mengumpul di rambut mereka dapat terbuang. Faktanya hewan pengerat yang mirip dengan tikus ini memiliki kepadatan rambut mencapai 20.000/cm2. Sehingga chinchilla menjadi hewan darat yang memiliki kepadatan rambut tertinggi. Dengan rambut yang sangat padat ini, chinchilla sangat jarang terkena kutu karena tidak ada ruang bagi mereka (kutu).

     Dihabitat aslinya, chinchilla hidup berkelompok dengan membuat rumah di liang dan celah-celah bebatuan. Habitat asli hewan pengerat ini adalah daerah yang dingin sehingga hewan ini sangat susah untuk berkeringat. Pada beberapa kasus, jika suhu udara disekitar tempat chinchilla berada diatas 25 derajat celcius maka hewan ini akan sangat kepanasan sehingga berkemungkinan terkena heat stroke. Ciri-ciri jika hewan ini merasa kepanasan dapat kamu lihat pada bagian telinganya akan berwarna merah. Chinchilla menyalurkan darahnya ke bagian kuping, sehingga warna kupingnya pun akan berubah menjadi merah.

Lalu, bagaimana caranya agar hewan lucu ini dapat kita pelihara ? Mari simak video berikut ini:


No comments:

Post a Comment