Wednesday, August 17, 2016

5 Manfaat Memelihara Ikan Hias

     Kamu memelihara ikan hias di rumah? Maka anda beruntung, karena selain sebagai hiasan, memelihara ikan hias di rumah bermanfaat bagi kesehatan. Dalam sebuah penelitian membuktikan bahwa melihat ikan hias di akuarium dapat menenangkan pikiran dan menghilangkan stress.
     Para ilmuan menyebutnya dengan terapi akuarium, disebutkan bahwa melihat ikan dalam akuarium selain membantu dalam hal menenangkan emosional ternyata juga bermanfaat untuk membantu menstabilkan kondisi kejiwaan seseorang. Siapa sangka melakukan hal sederhana ini ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan, untuk mengetahui lebih lanjut, mari kita simak ulasannya.

1. Mengurangi Stres

   Melihat ikan hias dalam akuarium terbukti dapat mengurangi tingkat emosi, ketegangan dan kecemasan seseorang, hal ini berdampak pada otak kita sehingga membuat kita semakin santai dan relax setelah menontonya. Mungkin diantara kita ada yang pernah melihat ikan hias berada di ruang tunggu rumah sakit. Mereka melakukan hal tersebut bukan tanpa alasan. Melainkan untuk menghilangkan rasa stress pada pengunjung.

2. Menstabilkan Detak Jantung

     Selain menghilangkan rasa stres, menonton ikan dalam akuarium juga bermanfaat untuk menormalkan tekanan darah seseorang. Denyut nadi seseorang akan melambat sampai pada tingkatan normal dan melemaskan ketegangan di otot-otot seseorang setelah bekerja keras. Penurunan detak jantung akan mengurangi kinerja jantung sehingga jantung akan kuat yang berimbas pada usia seseorang.

3. Menterapi Pasien Alzheimar

  Alzhaeimar adalah sebuah penyakit jenis demensia yang ditandai dengan melemahnya fungsi otak, baik itu berupa pelemahan daya ingat, verbal maupun penalaran. Membiasakan diri untuk melihat ikan yang berwarna-warni di akuarium dapat memperbaiki tingkahlaku dan psikis pasien Alzheimar. Dalam banyak kasus banyak kita temukan pasien Alzheimar sulit dikendalikan karena agresif dan sangat merepotkan.

4. Membantu Anak Autis

   Kita ketahui bersama anak autis biasanya memiliki tingkat emosi yang tinggi, dengan membiasakan diri melihat dan berkunjung akuarium yang berisi ikan yang berwarna-warni dan gerakan yang indah akan membantu menenangkan emosi mereka.

5. Terapi Untuk Anak ADHD

   Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) adalah anak yang memiliki masalah dan kesulitan untuk fokus. Ikan dalam akuarium dapat membantu mereka untuk berfikir lebih fokus. Dengan melihat ikan yang berwarna-warni akan menenangkan saraf-saraf otak, sehingga dapat membantu mereka yang mengalami kesulitan fokus untuk tenang dalam berfikir dan meningkatkan konsentrasi mereka.

No comments:

Post a Comment