Tuesday, September 13, 2016

Sugar Glider Si Hewan Saku



     Sugar glider  merupakan hewan yang berasal dari papua. Hewan ini memiliki tubuh yang sangat imut, cantik dan eksotik. Ia memiliki bentuk tubuh yang mirip dengan tupai, dan uniknya suger glider betina memiliki kantung di perutnya seperti kangguru, yang berfungsi untuk menyimpan anaknya. Ia sangat menyukai makanan yang rasanya manis.


      Sugar glider ini ada yang menyebutnya hewan saku, karena ia memiliki tubuh yang kecil bias dibawa kemanapun oleh pemiliknya di dalam saku. Ia mempunyai ukuran badan sampai dengan kepalanya hanya 170 mm, sedangkan panjang ekornya hanya 190 mm 160-210), berat untuk sugar glider jantan hanya 140 gram dan betina hanya 115 gram. Untuk masa hidupnya, sugar glider yang tinggal di alam liar bisa mencapai 9 sampai 12 tahun, tetapi untuk di penangkaran sugar glider ini bisa hidup lebih lama.

     Untuk jenisnya, suger glider biasa dibedakan dari corak warna yang dimilikinya seperti jenis black beauty atau grey, jenis inilah yang paling banyak diminati oleh para pecinta hewan yang satu ini. Selain itu, ada juga yang dinamakan Cinnamons warnanya yang kecoklatan, sedangkan jenis Lions coraknya yang berwarna keemasan.

     Memelihara hewan ini syarat utamanya adalah kebersihan kandangnya. Kandangnya harus selalu bersih agar sugar glider juga bias terus terlihat imut dan cantic. Makanan yang dibutuhkan untuknya tidaklah sulit, kamu cukup memberinya bubur bayi, serangga seperti jangkrik, ulat hongkong dan kamu bisa membeli makanan di toko khusus penyedia makanan tersebut.

     Kamu perlu tahu bahwa sugar glider hidupnya berkoloni, sugar glider jantan biasanya poligami dengan sejumlah betina, dalam berproduksi ia tidak mengenal musim, sehingga populasinya dimungkinkan lebih cepat menghasilkan keturunan yang disebut Joey (sebutan sugar glider yang masih kecil), hidupnya masih dikantung induknya, dan akan keluar setelah umurnya mencapai dua bulan.

No comments:

Post a Comment