Wednesday, September 7, 2016

5 Jenis Buaya Yang Ada Di Indonesia



     Buaya adalah reptile bertubuh besar yang hidup di air. Secara ilmiah, seluruh spesies anggota crocodylidae termasuk buaya ikan. Pada umumnya buaya menghuni habitat perairan tawar seperti sungai, danau, dan rawa.

     Makanan utama buaya adalah hewan-hewan bertulang belakang seperti ikandan jenis reptile lainnya. Buaya merupakan hewan purba yang hanya sedikit berubah karena evolusi. Berikut akan kami sajikan informasi 5 jenis buaya yang ada di Indonesia:

Buaya Siam (Crocodylus Siamensis) 

Buaya siam merupakan jenis buaya yang termasuk kedalam daftar Critically Endangered atau kritis. Buaya ini berasal dari siam, selain di indonesis buaya siam juga dapat dijumpai di Thailand, Vietnam, Malaysia, Laos, dan Kamboja. Di Indonesi buaya Siam hanya terdapat di daerah Jawa dan Kalimantan.

Buaya Muara

Buaya muara sering ditemukan di Indonesia. Buaya ini adalah spesies buaya terbesar, ganas, dan terpanjang diantara jenis-jenis buaya di sunia lainnya. Buaya muara dapat ditemukan mulai dari teluk benggala hingga Fiji.

Buaya Kalimantan (Crocodylus Raninus)

Buaya ini memiliki ciri-ciri yang mirip dengan buaya muara. Buaya ini dapat ditemukan di Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan.


Buaya Senyulong (Tomistoma Schlegelii)

Buaya senyulong erupakan buaya terbesar di Sumatera, Kalimantan, dan Jawa. Buaya seyulong memiliki perbedaan yang unik dibandingkan dengan jenis buaya lainnya yaitu moncongnya yang sempit.


Buaya Irian (Crocodylus Novaeguneae)

Buaya irian hanya terdapat di Pulau Irian di Indonesia. Bentuk tubuhnya mirip dengan buaya muara tapi memiliki tubuh yang lebih kecil dan berwarna lebih hitam.


Itulah 5 jenis buaya yang ada di Indonesia,semoga artikel ini menambah pengetahuan kamu tentang jenis-jenis buaya yang ada di Indonesia.

No comments:

Post a Comment