Thursday, September 15, 2016

Tips Merawat Musang Pandan



     Musang pandan merupakan hewan pemakan segala atau sering disebut omnivora, ia memiliki karakter yang cukup ganas karena musang liar terkenal sebagai pemburu ayam peliharaan di desa-desa. Namun semakin majunya teknologi, serta semakin meningkatnya kemampuan dan skills yang dimiliki manusia, musang kini telah bias dijinakkan untuk dijadikan hewan peliharaan.


     Musang pandan cukup unik untuk dijadikan hewan peliharaan, bisanya musang dipilih untuk mereka para pecinta hewan yang telah bosan memelihara hewan peliharaan popular yang itu-itu saja, seperti kucing dan anjing. Jadi, musang pandan yang memiliki perbedaan karakter dengan hewan tersebut dijadikan pilihan untuk dipelihara. Kali ini kami akan memberikan informasi tentang cara merawat musang pandan yang baik dan benar:

  1. Berikan makanan kepada si musang pandan secara teratur, makanannya bias berupa buah-buahan, nasi dicampur kecap, atau bias juga dengan makanan anjing atau kucing. Namun biasanya para pecinta musang pandan sering memberikan makanan berupa nasi dicampur kecap ditambah dengan rebusan kepala ayam. Agar musang tidak bosan, berikan variasi makanan dengan jenis makanan tadi secara bergantian. Khusus untuk buah-buahan seperti papaya dan pisang wajib kamu berikan minimal seminggu sekali, agar pencernaannya tetap sehat dan lancer.
  2. Mandikan musang pandan kesayangan kamu minimal seminggu sekali, agar kebersihannya tetap terjaga. Jangan lupa untuk membersihkan kandangnya agar musang pandan kamu terhindar dari berbagai macam penyakit, khususnya penyakit kulit yang bias membuat bulunya menjadi rontok.
  3. Potong kuku musang pandan milik kamu secara berkala, terutama jika kukunya sudah terlihat mulai panjang.
  4. Jagalah bobot tubuh musang pandan kamu agar selalu dalam keadaan proporsional. Jangan biarkan ia mengalami obesitas, karena tidak jarang musang pandan yang mengalami kelebihan berat badan mengalami sudden death atau kematian mendadak.

     Itulah informasi tentang merawat musang pandan yang dapat kami bagikan kepada kamu. Semoga tips merawat musang yang sudah kami sampaikan bermanfaat bagi kamu para pecinta hewan peliharaan dan khususnya musang pandan.

No comments:

Post a Comment