Friday, July 29, 2016

Terbang Membawa Hewan Peliharaan

     Kamu ingin pergi ke luar kota atau ke luar negeri dengan pesawat terbang, sementara kamu ingin membawa hewan peliharaan kamu, apakah boleh? Ada beberapa tips yang dapat kamu pilih, binatang peliharaan mau diterbangkan dengan cargo khusus atau bisa juga dimasukkan ke bagasi pesawat? Jika ingin menggunakan jasa cargo, maka harus melalui prosedur penerimaan cargo sekitar delapan jam sebelum keberangkatan. Tapi jika hanya di bagasi pesawat, maka kamu harus mengetahui beberapa hal, di antaranya:
  1. Cari informasi mengenai izin dari maskapai yang kamu pilih, perihal syarat dan ketentuan pengangkutan hewan hidup, karena tiap maskapai menerapkan ketentuan dan biaya yang berbeda mengenai pengangkutan hewan hidup. Jangan sampai kamu berencana membawa hewan peliharaanmu saat berpergian, namun hewan peliharaanmu tidak bisa terangkut, karena maskapai.
  2. Gunakan tempat atau kandang yang layak dan nyaman untuk hewan peliharaan kamu. Pastikan cukup ventilasi udara, makanan dan minuman secukupnya jika penerbangan jauh. Pastikan juga kandang peliharaan kamu terkunci dengan baik.
  3. Cantumkan identitas kamu sebagai pemilik hewan peliharaan di kandang hewan kamu.
  4. Membawa surat dari dokter hewan yang menyatakan hewan peliharaan kamu sehat. Jika perlu,lakukan vaksinasi terlebih dulu pada hewan peliharaanmu.
  5. Pergi ke Balai Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan di bandara asal dengan membawa surat dari dokter hewan untuk membuat surat yang menyatakan hewan peliharaan dapat ikut terbang.
  6. Siapkan pula surat pembebasan tanggung jawab untuk maskapai (pada saat penerimaan hewan peliharaan Anda di bandar udara tujuan).

No comments:

Post a Comment